Minggu, 26 September 2010

WEDDING DECORATION : Menciptakan Atmosfir Pernikahan


Atmosfir sebuah prosesi pernikahan dapat diciptakan dari tata dekorasi yang terkonsep dengan baik dan terimplementasi dengan akurat. Dekorasi pernikahan merupakan bagian penting dari totalitas rangkaian pernikahan, mulai dari awal hingga akhir acara. Keberadaan tata dekorasi juga erat kaitannya dengan tata rias dan busana pengantin. Masing-masing elemen tersebut saling melengkapi untuk menunjang prosesi pernikahan agar menjadi lebih sempurna.    


Berbagai konsep pernikahan dirancang dan diimplentasi dengan kebutuhan yang berbeda mengikuti kondisi calon pengantin serta latar belakang budaya. Pada zaman lampau, acara pernikahan dilaksanakan dengan konsep yang sederhana. Bisa dikatakan lebih mengutamakan prosesi sesuai tuntunan agama yang diyakini atau adat  istiadat yang berlaku. Perayaan acara pernikahan yang lebih mendetil dan semarak hanya dilaksanakan oleh pasangan dari kalangan kerajaan atau bangsawan dengan aturan-aturan yang baku. Tata laksana prosesi kini menjadi pedoman bagi acara-acara pernihakan yang dimodifikasi sesuai tuntutan zaman.   
  
DEKORASI TRADISIONAL :


Atmosfir bernuansa etnik klasik dalam prosesi pernikahan menjadi tujuan utama dari konsep bergaya tradisional. Elemen etnik budaya setempat menjadi bagian penting tata dekorasi pernikahan ini. Setiap suku atau etnis di Indonesia memiliki ciri-ciri khas tertentu yang memperkaya dekorasi pernikahan maupun aksesoris pendukung yang berbeda satu dengan lainnya. 


Gaya dekorasi tradisional Jawa, Sunda dan Madura umumnya menggunakan gebyok atau hiasan berukir etnik yang khas sebagai point of interest. Ditambahkan pula berbagai elemen pendukung seperti lorobloyo, wayang, batik, dan sebagainya. Dekorasi tradisional Batak dan Minang umumnya diimplentasikan dengan rumah tradisional adat setempat yang megah. Sedangkan suku Banjar dan Makasar memakai hiasan kain bersulam dengan warna-warna yang sangat indah. 


Berbanggalah Indonesia, memiliki kekayaan adat istiadat serta budaya berikut tata dekorasi yang juga beraneka bentuk dan warna. Sehingga, setiap prosesi pernikahan memiliki bermacam-macam desain dekorasi yang mengadopsi budaya dari masing-masing daerah.

DEKORASI MODIFIKASI :


Dekorasi ini merupakan kombinasi tata dekorasi tradisional dan desain modern. Unsur dekorasi etnik dipadukan dengan elemen modern dan warna kekinian (silver, violet, atau warna modern lainnya) serta dihiasi komponen pabrikasi (acrilic, kaca, plastik, dan bahan-bahan lainnya). Kombinasi ini menghasilkan desain tata dekorasi yang menarik karena memadukan spirit tradisional dengan nafas modern yang dinamis. 

 
Pilihan warna yang diterapkan pada dekorasi modifikasi tradisional dan modern bahkan seringkali hanya menggunakan warna yang bersifat senada, seperti : gold, silver atau white. Konsep ini menghasilkan desain dekorasi yang sangat tidak umum tetapi menimbulkan rasa yang sungguh elegan sekaligus berbeda.  
 



Dekorasi pernikahan dengan konsep modifikasi kini menunjukkan tren yang meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan budaya kontemporer. Dan akan terus berlanjut dengan berbagai kemungkinan kombinasi yang tak terbatas tetapi bisa saling mendukung.  

DEKORASI MODERN :


Gaya dekorasi modern saat ini seringkali diwakili oleh model-model minimalis. Dimana tren minimalis ini sebenarnya mengikuti perkembangan dunia fashion maupun desain arsitektur yang lebih dulu berkembang. Prinsip dekorasi modern saat ini adalah mengutamakan bentuk-bentuk yang simple tetapi tetap mengedepankan tampilan yang elegan. 


Generasi saat ini yang lebih ekspresif dan berani tampil beda menjadi pemicu penerapan desain dekorasi pernikahan bergaya minimalis. Sehingga tercipta nuansa pernikahan yang lebih modern, tidak ketinggalan zaman, unik sekaligus tidak biasa.
 

Berbagai konsep dekorasi pernikahan tersedia untuk dipilih. Masing-masing memiliki karakter dan daya tarik yang berbeda satu dengan lainnya. Pastikanlah atmosfer apa yang ingin diciptakan agar pernikahan para calon pengantin dapat sesuai dengan karakter dan keinginan masing-masing pribadi dan keluarga serta para undangan yang akan datang merayakan hari istimewa tersebut.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar