Kamis, 15 Oktober 2009

WEDDING DECORATION : Totalitas Sebuah Pernikahan


Even pernikahan memiliki banyak elemen yang saling terkait satu dengan lainnya. Salah satu elemen penting adalah dekorasi. Beberapa dekorasi yang mendukung pernikahan adalah Dekorasi Malam Midodareni, Dekorasi Siraman, Dekorasi Akad Nikah, dan Dekorasi Resepsi. Tetapi Dekorasi Resepsi Pernikahan memiliki elemen paling beragam dan faktor kesulitan yang tinggi. Hal ini disebabkan karena rangkaian acara yang lebih banyak dan terhubung dengan berbagai macam elemen, seperti : Gedung Pernikahan, Waktu Pelaksanaan, Jumlah Tamu Undangan, Variasi Acara, Tata Rias & Busana, Photography, Vidoegraphy, Tata Letak Makanan, dan sebagainya.


Dekorasi Resepsi Pernikahan mulai dari mendesain berdasarkan konsep yang telah ditentukan bersama oleh penyedia jasa dekorasi (seperti SAVITRI DECOR) dan pemilik hajat. Umumnya, pihak dekorator telah memiliki beberapa konsep desain yang bisa dipilih oleh calon pengantin. Atau pihak calon pengantin memiliki konsep tersendiri yang ingin diwujudkan dalam pernikahannya. Berbagai alternatif bisa dilakukan secara bersama-sama secara terkonsep dan terintegrasi dengan elemen-elemen lainnya. 

  

Dekorasi Resepsi Pernikahan dimulai dari bagian paling depan gedung, yaitu pintu gerbang yang diberi sepasang penjor hias sebagai tanda adanya prosesi pernikahan. Kemudian bagian pintu masuk gedung (tempat menurunkan tamu undangan) bisa diberi tenda hias dengan tambahan ornamen dekorasi. Pada bagian pintu masuk dan area lobby didesain dekorasi selamat datang dengan pundi-pundi dan buku tamu. Di area tersebut dapat ditampilkan foto-foto pre wedding kedua pengantin. Memasuki bagian dalam gedung utama, sepanjang karpet jalan diberi berbagai ormanen hias berupa bunga-bunga, lampu-lampu hias atau gazebo hias yang mengantarkan para tamu menuju pelaminan.



Untuk menambah kemeriahan dan kemegahan acara dapat ditambahkan slayer-slayer kain yang menyerupai tenda berukuran raksasa. Model tenda seperti ini juga dapat difungsikan untuk menambah kapasitas ruangan jika jumlah tamu yang diundang melebihi gedung utama. Pilihan warna dan bentuk tenda mengikuti konsep utama dari konsep dekorasi secara keseluruhan.  


Dekorasi pernikahan sudah menjadi satu kesatuan utuh dari rangkaian acara pernikahan itu sendiri. Mulai tema, desain, warna, dan segala pernak-perniknya harus direncanakan dengan lebih detil antara pengantin, keluarga, dan wedding organizer. Sehingga tercipta dekorasi pernikahan yang akan selalu dikenang oleh kedua mempelai, keluarga maupun pada tamu undangan. Selamat mempersiapkan acara pernikahan .....

Dekorasi : SAVITRI Decor
Photo : SAVITRI Pictures
Design : SAVITRI Art Work


Tidak ada komentar:

Posting Komentar